Sunday, June 8, 2014

Seni Rupa Anak-anak



Seni Rupa Anak-anak

Sekolah dasar merupakan lingkungan sekolah yang lebih didominasi oleh dunia bermain. Anak-anak SD masih lebih suka bermain dibandingkan dengan belajar dengan serius. Melaui berbagai permainan anak juga dapat mendapatkan pelajaran atau pelajaran dapat dilakukan dengan melakukan permainan.
Gambar merupakan salah satu bentuk hasil karya yang dapat dihasilkan oleh anak SD. Setiap anak pasti memiliki persepsi yang berbeda-beda jika disuruh membuat suatu gambar. Misalkan ada anak yang melihat di televisi bahwa warna dari gunung adalah merah. Guru sebagai penilai tidak dapat menyalahkan apa yang telah dihasilkan oleh anak didiknya, karena anak tersebut melihat warna gunung merah di televisi.  Gambar yang dihasilkan oleh anak itu dapat dijadikan media oleh guru untuk mengetahui atau mendeteksi kelainan-kelainan yang ada pada anak.
Gambar-gambar yang dihasilkan oleh anak dapat mencirikan tingkatan usia anak. Gambar itu berbeda sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Misalkan anak kelas 1 SD sudah mampu menghasilkan gambar yang baik atau berbeda dengan teman-temannya, maka guru dapat terus memberikan motivasi kepada anak tersebut agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun, jika ada anak yang sudah berada pada usia yang terbilang remaja misalkan sudah duduk di bamgku SMA, namun hasil gambarnya masih seperti gambar anak SD, maka guru dapat mengetahui kelainan apa yang terjadi pada anak tersebut. Serta guru juga dapat memberikan bimbingan kepada anak tersebut agar hasil gambarnya lebih baik lagi.
Di sekolah dasar dikenal dengan adanya istilah kertakes, kesenian dan ini termasuk kedalam jenis seni budaya. Selain itu, juga ada istilah kerajinan tangan yaitu khususnya keterampilan. Pada umumnya di lingkungan sekolah dasar keterampilan ini dapat berupa hasil karya yang sudah dibuat dirumah baik secara individu maupun kelompok. Misalkan secara individu yaitu sapu, dan secara kelompok yaitu tempat sampah yang terbuat dari bambu.

No comments:

Post a Comment