Rancangan
Pembelajaran Semester
Seni
Budaya dan Prakarya
Kelas
II
Pertamuan
Materi
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||
14
|
21
|
28
|
4
|
11
|
18
|
25
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
6
|
13
|
20
|
27
|
3
|
10
|
17
|
24
|
1
|
8
|
15
|
|
KD 2.1
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 2.2
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 2.3
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.1 dan 3.4
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.2
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.5 dan 3.6
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.1
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.6 dan 4.8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.9 dan 4.10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
KD 4.13 dan 4.14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
KD 4.15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
KD 4.16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
KD 4.17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
Ulangan
Umum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UU
|
Materi
Seni Budaya dan Prakarya
Kelas
II
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
KD 2.1
|
Menggambar Bebas.
|
KD 2.2
|
Mengenal Alam di Lingkungan
Sekitar.
|
KD 2.3
|
Pembentukan Sikap dalam Berkarya.
|
KD 3.1 dan 3.4
|
Pengenalan dan Pengolahan Bahan
Alam yang dapat dimanfaatkan sebagai Karya Kreatif.
|
KD 3.2
|
Belajar Bernyanyi.
|
KD 3.3
|
Berjalan dengan menggunakan Gerak
bertempo.
|
KD 3.5 dan 3.6
|
Memahami budaya dan bahasa di
daerah setempat.
|
KD 4.1
|
Menggambar ekspresi dengan
mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar.
|
KD 4.2
|
Membuat mozaik sederhana.
|
KD 4.3
|
Menggambar imajinatif dengan
memanfaatkan beragam media.
|
KD 4.4
|
Membentuk karya relief dari bahan
lunak.
|
UTS
|
Menyanyikan lagu anak-anak.
|
KD 4.5
|
Memainkan lagu dengan pola irama bervariasi.
|
KD 4.6 dan 4.8
|
Membuat lagu sederhana.
|
KD 4.7
|
Menirukan gerak bintang dengan
mengamati secara langsung atau media rekam, menggunakan tempo.
|
KD 4.9 dan 4.10
|
Menirukan gerak binatang dengan
mengamati secara langsung atau media rekam, menggunakan tempo.
|
KD 4.11
|
Menyanyi sambil bergerak dengan
media rekam.
|
KD 4.12
|
Menyanyi sambil menari dengan
menggunakan tempo dan dinamika.
|
KD 4.13 dan 4.14
|
Membuat karya kreatif sebagai
perhiasan benda dengan mengolah bahan alam yang ada di lingkungan melalui
kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
|
KD 4.15
|
Membuat karya fungsional dari
berbagai bahan dengan cara sederhana.
|
KD 4.16
|
Belajar menyajikan olahan
makanan.
|
KD 4.17
|
Menceritakan budaya yang ada di
daerah setempat.
|
Ulangan
Umum
|
|
Ini merupakan contoh Rancangan Pembelajaran
Semester (RPS) Seni Budaya dan Prakarya khususnya di kelas II. Penyusunan rancangan pembelajaran semester dalam penentuan
kompetensi intinya dapat dipadukan antara sub yang satu dengan sub yang lainnya
semasih sub tersebut memiliki hubungan atau keterkaitan. Namun, jika sub-sub
yang terdapat dalam kompetensi inti tidak ada yang dapat dipadukan maka jangan
itu dipaksakan agar dapat dipadukan. Pada contoh RPS ini, untuk jam pelajarannya sudah
ditentukan yaitu 4 jam setiap kali pertemuan.
No comments:
Post a Comment